Apa itu Keamanan Data dan Mengapa Anda Harus Peduli Tentangnya

Apa itu Keamanan Data dan Mengapa Anda Harus Peduli Tentangnya Sebagai pengguna Internet, Anda pasti bertemu dengan istilah seperti “Keamanan Data” dan “Pelanggaran Data”. Sangat penting untuk menyadari istilah ini dari sudut pandang pengguna, namun sangat penting jika Anda menjalankan bisnis online. Jelas terlihat bahwa lanskap ancaman bergerak cepat, dan pengamanan data menjadi semakin menantang. Perusahaan besar tidak lagi menjadi satu-satunya target serangan dunia maya. Dalam beberapa tahun terakhir, penelitian menunjukkan bahwa sekitar 50% serangan menargetkan bisnis kecil dan menengah. Bagian yang paling memprihatinkan dari arah ini adalah bahwa keamanan cenderung sering diabaikan. Konsekuensi dari serangan semacam itu biasanya berakibat fatal, dan dibandingkan dengan pemain besar, perusahaan kecil kemungkinannya kecil untuk pulih darinya.

Sebagai penyedia hosting web, kami memahami peran kami dalam mengamankan situs web klien kami. Karena kami menangani keamanan dengan serius, kami telah menerapkan praktik dan teknologi yang telah terbukti di server kami. Kami telah menggabungkan beberapa komponen, termasuk Advanced Network Firewall dan WAF, Live Security Events Monitoring, DDoS Protection Service, Malware Scanning, Proactive Zero-day attack detection, OS Patch Management Feature, dan Connections Level Limits. Penjelasan mendalam tentang cara kerja teknologi yang kami gunakan dapat Anda temukan di halaman Keamanan kami. Selain dari sisi server, ada beberapa tindakan pencegahan mendasar yang harus dilakukan untuk melindungi situs web dan data Anda.

Apa itu Keamanan Data?

Istilah “Keamanan Data” mengacu pada serangkaian standar dan teknologi yang diterapkan organisasi dan bisnis untuk mengumpulkan, menyimpan, membuat, menerima, dan mengirimkan informasi sensitif. Ini termasuk cara data digital sedang diproses dan dilindungi dari korupsi, serangan siber, pelanggaran data, dan akses tidak sah apa pun. Semua bisnis berurusan dengan data sensitif pada tingkat tertentu. Dari konglomerat perbankan besar yang memproses data pribadi dan keuangan hingga bisnis kecil yang menyimpan detail kontak klien. Saat Anda mengumpulkan data pribadi apa pun, Anda menjadi pemroses data. Ini datang dengan banyak tanggung jawab. Pentingnya melindungi data dari ancaman keamanan tidak diragukan lagi. Karena itu, mari kita tinjau standar keamanan data dasar yang harus Anda terapkan untuk melindungi bisnis online Anda dari niat jahat.

Enkripsi Data

Enkripsi Data adalah metode keamanan yang menyandikan informasi dan membutuhkan kunci enkripsi pengguna untuk mengakses atau mendekripsi data. Data terenkripsi, juga disebut sebagai hypertext, muncul dalam format yang tidak dapat dibaca manusia dan tidak dapat diuraikan oleh entitas yang mengaksesnya tanpa izin yang diperlukan. SSL (Secure Socket Layer) adalah protokol kriptografi yang dirancang untuk mengenkripsi data yang dikirimkan melalui jaringan komputer, misalnya, antara browser dan server. Menjalankan situs web Anda melalui protokol HTTPS yang aman adalah kewajiban saat memproses data dengan aman. Dalam posting blog kami sebelumnya, kami telah menyajikan penjelasan mendalam tentang bagaimana tepatnya SSL / TLS bekerja dan mengapa Anda harus memilikinya. Mengingat tingkat ketersediaan SSL, kemudahan instalasi dan konfigurasi, tentunya hal ini wajib Anda terapkan. Karena keamanan adalah prioritas utama kami, kami menawarkan sertifikat SSL gratis dengan semua paket hosting kami. Jika Anda sudah menjadi klien HostArmada, pastikan untuk memeriksa dengan tim dukungan kami bahwa situs web Anda dikonfigurasi dengan benar untuk memaksa koneksi HTTPS yang aman.

Aktifkan Otentikasi Dua Faktor

Two-Factor Authentication (2FA) adalah metode otentikasi yang mengharuskan pengguna untuk menyajikan bukti tambahan agar diberi akses ke situs web atau aplikasi. Dalam bentuk paling umum, 2FA memerlukan kode keamanan, yang dikirim ke sumber eksternal. Misalnya, akun email, nomor telepon, atau perangkat seluler. Ide dasar dari Otentikasi Dua Faktor adalah untuk melindungi akun Anda jika kredensial login Anda disusupi. Dalam skenario seperti itu, penyerang masih perlu memberikan verifikasi tambahan yang hanya dapat diperoleh dari sumber luar. Dengan mempertimbangkan hal ini, peluang untuk lolos jauh lebih rendah. Sementara banyak pengguna cenderung menghindari penerapan 2FA karena kompleksitas pemulihannya jika keamanan adalah prioritas utama Anda, Anda pasti harus mempertimbangkan untuk mengimplementasikannya. Mengingat integrasi Autentikasi Dua Faktor dalam aplikasi sumber terbuka paling populer telah disederhanakan secara signifikan, Anda dapat memadukannya tanpa perlu bersusah payah.

Pertahankan Kata Sandi Anda dengan Bijak

Menyiratkan praktik keamanan yang memberlakukan kedaluwarsa dan kompleksitas sandi adalah tindakan pencegahan resisten yang harus Anda pertimbangkan. Kredensial login sering kali diabaikan oleh banyak pengguna, yang menyebabkan lubang keamanan besar-besaran dan konsekuensi yang fatal. Sebagian besar pengguna cenderung mengikuti pola buruk tidak hanya menggunakan kata sandi yang lemah tetapi juga menggunakan kata sandi yang sama untuk beberapa akun. Ini, tanpa diragukan lagi, adalah praktik terburuk yang bisa dibayangkan. Bukan hanya kata sandi yang mudah dipecahkan, tetapi jika seseorang dengan niat buruk berhasil, akibatnya akan sangat rusak. Anda harus memperlakukan kata sandi Anda sebagai kunci kerajaan. Anda juga bertanggung jawab penuh untuk mendidik karyawan Anda dan mendorong pengguna Anda untuk melakukan hal yang sama. Praktik yang terbukti ke arah ini adalah sering memperbarui kata sandi. Ini mungkin tidak terdengar seperti resolusi yang paling nyaman, tetapi ini pasti dapat membantu mengurangi potensi kerusakan.

Sayangnya, ruang Internet penuh dengan orang-orang dengan niat buruk, dan lebih banyak kerentanan dan ancaman keamanan terus ditemukan. Meskipun Anda tidak akan pernah bisa 100% terlindungi, Anda bertanggung jawab untuk memberikan upaya terbaik Anda untuk meningkatkan keamanan Anda sebanyak mungkin. Apa yang kami tunjukkan pada baris di atas hanyalah pemikiran awal fundamental yang perlu Anda perhatikan dengan serius untuk menurunkan risiko pelanggaran data. Ada lebih banyak praktik keamanan yang mungkin perlu Anda lakukan.

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *