Solusi Untuk Memaksimalkan Penggunaan Virtualisasi

solusi untuk memaksimalkan penggunaan virtualisasi

Solusi Untuk Memaksimalkan Penggunaan Virtualisasi Gartner secara singkat menguraikan konsekuensi dari virtualisasi server untuk sistem penyimpanan, dan menjelaskan cara menggunakan sistem penyimpanan virtualisasi, teknologi yang tepat, dan campuran alat yang tepat, organisasi dapat mengurangi dampak pada sistem penyimpanan perusahaan.

Pertimbangkan penggunaan informasi virtualisasi penyimpanan. Perusahaan Gartner mendorong organisasi untuk menggunakan teknologi virtualisasi, sistem penyimpanan data sebagai sarana untuk meningkatkan sistem penyimpanan dan menekankan keunggulan utama teknologi ini: Penyimpanan virtualisasi mendukung penggabungan sistem penyimpanan informasi, yang memungkinkan Anda untuk “melihat” dan mempertimbangkan semua penyimpanan. sistem sebagai sumber daya tunggal. Ini menghindari masalah dengan sumber daya memori ‘terbengkalai’ yang tidak digunakan untuk meningkatkan pemanfaatan sistem penyimpanan informasi dan mengurangi biaya sistem penyimpanan dengan mengurangi kebutuhan untuk membeli sistem penyimpanan baru. Manfaat menggabungkan penyimpanan meningkat dengan ukuran sistem penyimpanan yang dikelola.

Sistem penyimpanan virtualisasi mendukung alokasi sumber daya memori yang fleksibel dan dinamis, memungkinkan organisasi membuat area penyimpanan logis, yang ukurannya akan dialokasikan secara lebih efektif ruang disk. Ini juga memungkinkan Anda untuk mengurangi biaya sistem penyimpanan karena bisnis tidak perlu membeli sekaligus, jumlah memori fisik – Anda hanya dapat meningkatkan jumlah memori karena mengisi ruang yang dialokasikan. Selanjutnya, menggunakan alat alokasi memori dinamis dapat menambah atau mengurangi ukuran volume logis sesuai permintaan. Penting untuk manajemen dan perencanaan kapasitas.

Layanan penyimpanan virtualisasi mendukung kualitas layanan hosting awan (QoS), yang memperluas fungsionalitas sistem penyimpanan data. Misalnya, distribusi otomatis level memungkinkan Anda untuk secara otomatis memindahkan data dari kendaraan yang lebih cepat dan mahal ke operator yang lebih lambat dan lebih murah dan kembali berdasarkan pola akses. Fungsi lainnya adalah untuk menetapkan prioritas, yang memungkinkan hak untuk memprioritaskan beberapa input-output data I / O, dibandingkan dengan data lainnya.

Salah satu masalah dengan sistem penyimpanan informasi bandwidth terkait dengan jeda waktu yang disebabkan oleh penundaan mekanis, yang tidak dapat dihindari ketika menggunakan hard drive standar. Ini membatasi dan kinerja sistem penyimpanan, dan situasinya hanya akan menjadi lebih buruk di infrastruktur virtual, di mana input dan output stream data dicampur secara acak dan ditransmisikan melalui jaringan dalam array memori, menciptakan aktivitas disk tingkat tinggi. Arsitek sistem penyimpanan sering memilih pembuatan grup disk besar. Dimasukkannya sejumlah besar poros hard drive dalam kelompok yang sama dapat secara efektif mendistribusikan dan mengurangi hingga minimum penundaan mekanik, karena satu disk menulis atau membaca data, sementara disk lain melakukan pencarian. Perusahaan Analis Gartner menyarankan penggunaan SSD (SSD) sebagai cara untuk mengurangi jumlah hard drive dan memberikan sistem penyimpanan kecepatan pemrosesan data (IOPS – IO operasi per detik) yang lebih tinggi.

Perencanaan transisi yang cermat ke penggunaan teknologi virtualisasi. Arsitek harus mewakili infrastruktur pusat data dan operasinya dalam persiapan untuk transisi ke teknologi virtualisasi. Perusahaan Gartner merekomendasikan para profesional TI untuk memulai dengan identifikasi dan kuantifikasi dampak virtualisasi server, pertumbuhan data, dan kebutuhan untuk melengkapi jarum jam pada infrastruktur dan layanan sistem penyimpanan.

Selanjutnya, tentukan apa yang sebenarnya perlu Anda capai dan konsisten dengan fleksibilitas operasional, layanan penyimpanan, dan infrastruktur fisik. Misalnya, jika Anda perlu lebih memperhatikan kemampuan untuk membuat cadangan dan memulihkan data, pertahankan analis data, virtualisasi, atau gunakan PC, karena penting untuk memastikan bahwa infrastruktur dapat mendukung persyaratan ini. Jika tidak, Anda harus memperbarui atau membuat perubahan pada arsitektur untuk mendukung fitur-fitur ini.

Perusahaan Gartner mencatat perbedaan antara solusi strategis dan taktis untuk virtualisasi. Keputusan strategis menciptakan stabilitas, dan solusi taktis jangka pendek memberikan manfaat. Sebagai contoh, transisi ke alokasi memori dinamis adalah keputusan taktis, dan pilihan menggunakan jenis teknologi replikasi SRDF bisa menjadi keputusan strategis. Akhirnya, analis Gartner mencatat bahwa solusi virtualisasi penyimpanan dapat menjadi sangat penting untuk server virtualisasi dan komputer desktop (PC), yang keduanya menempatkan permintaan tinggi pada infrastruktur penyimpanan. Tetapi transisi ke penyimpanan virtualisasi membutuhkan pemahaman penuh tentang manfaat ini, perencanaan yang cermat untuk memastikan keselarasan kebutuhan bisnis dan kemampuan teknis, dan penggunaan teknologi secara bijak seperti penyimpanan data dan SSD tingkat distribusi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *